Thomas Panek, Pria Buta Pertama yang Finish New York City Half Marathon

Ketika awal umur 20 tahun-an, Thomas Panek 48 tahun, karena retinitis pigmentosa (suatu kondisi genetik yang menyebabkan kerusakan sel-sel di retina mata) mulai kehilangan penglihatannya, tetapi pria yang selalu ingin menjadi pelari ini tidak membiarkan kebutaannya menghalangi apa yang dia sukai.

Panek sendiri merupakan President & CEO di Guiding Eyes for the Blind, sebuah organisasi nirlaba – sekolah pelatihan anjing pendamping untuk membantu orang buta, tunanetra atau gangguan visual lainnya.

Thomas Panek mengatakan, dia merindukan kebebasan tanpa bantuan manusia dan ingin berlari sendiri, itulah sebabnya dia akhirnya membuat program pelatihan untuk anjing pemandu sejak tahun 2015.

Panek sudah pernah menyelesaikan 20 marathon dibantu pemandu sukarelawan, tetapi di NYC Half Marathon yang diadakan 17 Maret 2019, untuk pertama kalinya dia finish lomba dibantu 3 ekor anjing pemandu, Westley, Waffle dan Gus.
Anjing-anjing itu diajarkan untuk menghindari rintangan dan me-navigasi rute dengan kecepatan yang nyaman, memberi atlet mereka kebebasan untuk berlari dengan aman. Setiap anjing berlari sekitar 120 mil (193 km) selama tiga bulan persiapan. Mereka juga dibuatkan pakaian dan sepatu khusus, serta tali kekang dengan pegangan khusus yang memungkinkan pelari lebih fleksibel untuk menggerakkan tangan mereka sambil tetap memberikan hubungan yang kuat kepada anjing.

Saat lomba, Thomas Panek berlari bersama 3 anjing labrador yang dilatih di-lembaga-nya dalam program pendamping lari. Westley, labrador hitam pertama yang menemani Panek sejauh 8 km. Lalu saudaranya, Waffle – labrador kuning, menemaninya di 8 km selanjutnya. Dan Gus yang juga berwarna kuning, menemani di 5 km terakhir.

Sepanjang jalan, anjing-anjing itu diperiksa secara rutin oleh dokter hewan dan relawan untuk memastikan mereka tidak dehidrasi, sehat dan aman. Mereka finish dalam waktu 2 jam 20 menit 51 detik.
Dan NYC HM juga menandai perlombaan terakhir bagi Gus yang sudah berusia 7 tahun, dan akan pensiun sebagai anjing pemandu Panek. Selama pelatihan, Panek terikat dengan Wesley, yang berusia 2 tahun, sehingga ia akan membawanya sebagai pengganti Gus. Sedangkan untuk Waffle, yang juga berusia 2 tahun, Panek ingin memastikan dia di-adopsi oleh orang yang juga suka berlari tanpa harus menahannya.

Panek berharap prestasi bersejarahnya dapat memacu disabilitas lainnya untuk mendorong batasan apa yang mereka yakini mampu mereka capai.

Inspilari • Inspirasi Lari
#todayinspiration #inspirasihariini #theblindman
disadur dari berbagai sumber.

Instagram #ThomasPanek
LariKu.info/Panek Thomas Panek, The First Blindman Finish New York City Half Marathon

Other Info ...

  • Le Minerale Water Run – Jakarta 2019Le Minerale Water Run – Jakarta 2019 Le Minerale Water Run - Jakarta • 2019 ☔ LariKu.info/LeMiJ19 💜 LariKu.info/le-minerale-water-run-jakarta-2019
  • Suunto Half Marathon • 2019Suunto Half Marathon • 2019   When 01 Des 2019 reschedule 08 Desember 2019 Venue Balaikota Malang / Tugu Kota Malang, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur Group Road Run 5K • COT.1h:30m • IDR.250rb 12K • […]
  • Pemilu Run – Tanjab Barat 2019Pemilu Run – Tanjab Barat 2019 Pemilu Run - Tanjab Barat • 2019 📮 LariKu.info/PRTB19 💛 LariKu.info/pemilu-run-tanjab-barat-2019
CategoriesThomas Panek, Pria Buta Pertama yang Finish New York City Half Marathon
etc, Inspirasi
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
  • Related News 1327  |  Thomas Panek, Pria Buta Pertama yang Finish New York City Half Marathon
  • No items